Kau buat aku bersukacita karena pekerjaan-Mu

 Renungan Pagi hari Senin, 19 Agustus 2024.

Sebab telah Kaubuat aku bersukacita, ya Tuhan, dengan pekerjaan-Mu, karena perbuatan tangan-Mu aku akan bersorak-sorai (Mazmur 92:5).

Apakah engkau percaya bahwa dosa-dosamu telah diampuni, dan Kristus telah sepenuhnya menebus dosa-dosamu? Maka engkau seharusnya orang Kristen yang bergembira! Bagaimana engkau akan hidup di atas pencobaan biasa dan permasalahan dunia.


Apakah semua orang Kristen percaya dirinya sudah diselamatkan? Jika engkau telah diselamatkan, sementara engkau bergembira, bersyukurlah dan bersikaplah penuh kasih. Melekatlah pada salib yang telah menghapus dosamu; layani Dia yang melayani engkau. 

"Aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati" (Roma 12:1). 

Biarlah semangatmu tidak menguap di dalam luapan lagu. Tunjukkanlah kasihmu dengan bukti yang ekspresif. Kasihi saudara-saudara-Nya yang sudah mengasihi engkau. 

Kau buat aku bersukacita

Raja Daud menunjukkan kasihnya kepada Mefiboset yang cacat atau timpang, karena ayahnya Yonatan (2 Samuel 9:1-5). Jika ada orang percaya malang yang dicobai, menangislah bersamanya, dan pikul salibnya demi Dia yang menangis untuk engkau dan menanggung dosa-dosamu. 

1. Tiga hal penting yang harus direnungkan

Ada tiga hal penting yang kita peroleh dari sukacita Daud: "Sebab telah Kaubuat aku bersukacita, ya Tuhan, dengan pekerjaan-Mu, karena perbuatan tangan-Mu aku akan bersorak-sorai" (Mazmur 92:5).

Pertama, "karena Engkau telah membuat aku bersukacita." Teks ini menunjukkan perasaan sukacita yang dialami penulis mazmur sebagai respons terhadap kebaikan dan pertolongan Tuhan. Sukacita ini berasal dari pengalaman pribadi penulis yang merasakan perlindungan, pertolongan dan berkat disepanjang kehidupannya.

Kedua, "ya TUHAN, oleh karya-karya-Mu." Karya-karya-Mu merujuk pada pekerjaan atau tindakan Allah yang nyata dan berpengaruh dalam hidup penulis secara khusus, karya yang lebis luas adalah kepada manusia dan dunia. 

Pemeliharaan dan perlndungan Allah sangat nyata di dalam sejarah, atau tindakan-Nya dalam hidup orang-orang yang berkenan kepada-Nya. Penulis mazmur mengakui bahwa karya Tuhan adalah sumber sukacita bagi dirinya.

Ketiga, "aku bersukaria oleh perbuatan tangan-Mu." Teks ini menegaskan kembali bahwa sukacita penulis mazmur berasal dari perbuatan tangan Tuhan, bagaimana Allah selalu melindungi dan memberkati Daud. 

Sukacita tersebut bukanlah hasil dari sesuatu yang abstrak, melainkan dari tindakan yang dapat dilihat dan dirasakan di sepanjang hidup Daud sendiri.

2. Aplikasi/Penerapan

Karena kita sudah diampuni dan ditebus oleh kasih Kristus, maka sudah patutnya untuk pergi dan memberitakan kabar gembira tersebut kepada banyak orang. 

Jangan puas dengan berkat yang tak terkatakan ini hanya untuk dirimu sendiri, tetapi sebarluaskanlah kisah salib tersebut kepada orang yang belum percaya. 

Kegembiraan suci dan ketegasan suci akan membuat engkau menjadi pengkhotbah yang baik, dan seluruh dunia akan menjadi mimbar untuk engkau berkhotbah. Kekudusan yang ceria adalah yang paling kuat di antara khotbah-khotbah, namun Tuhan akan memberikannya kepadamu. 

Mari berbahagialah dan bersucitalah seperti raja Daud, di mana dirinya membagikan kasih dan sukacita itu kepada Mefiboset yang cacat atau timpang.

____________________

Renungan Pagi ini disadur dan diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url